VAPING VS MEROKOK

Posted on4 Years ago 2348
Love0

Vaping vs. merokok

Setiap diskusi tentang risiko kesehatan vaping harus dimulai dengan perbandingan dengan merokok. Ini penting karena dua alasan. Pertama, vape dirancang untuk menjadi alternatif yang mengurangi bahaya dari merokok. Kedua, penting untuk menimbang vaping versus merokok karena sebagian besar vapers adalah perokok atau mantan perokok.

Namun, ketika berbicara tentang sains, tidak banyak penelitian yang menggunakan perbandingan langsung antara vaping dan merokok. Itu peluang yang terlewatkan. Sudah dipahami bahwa merokok itu buruk untuk Anda dengan banyak risiko kesehatan, tetapi apakah vaping buruk untuk Anda? Bagaimana vaping mempengaruhi kesehatan Anda? Terpisah dari memahami keamanan absolut vaping, penting untuk mengetahui apakah vaping jauh lebih aman daripada merokok.

Kesehatan Masyarakat Inggris telah tegas dalam temuannya: vaping setidaknya 95 persen lebih aman daripada merokok. Mereka memahami bahwa mempelajari bahaya vaping saja hanya setengah dari subjek, karena vaping ada terutama sebagai alternatif untuk merokok. Karena tidak ada banyak penelitian yang menggunakan perbandingan langsung, informasi yang tersedia tentang vaping harus diukur terhadap informasi yang tersedia tentang merokok, bukan dalam isolasi.

Apakah vaping buruk untuk paru-paru Anda?

Rokok merokok menyebabkan kerusakan paru-paru. Menghirup tembakau dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker paru-paru dan kerongkongan, dan berbagai kondisi paru-paru yang mematikan seperti emfisema, bronkitis kronis, dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Tapi bagaimana dengan vaping?

Asap rokok menyerang paru-paru dengan beberapa cara. Ini mengandung ribuan bahan kimia, lebih dari 70 di antaranya dikenal sebagai karsinogen. Ini juga mengandung bahan partikulat - serpihan halus dari tembakau dan kertas yang terbakar - yang disimpan jauh di paru-paru, di mana mereka dapat terkubur dalam jaringan. Vaping tidak menghasilkan karsinogen yang dikenal dalam jumlah yang cukup besar untuk dianggap risiko nyata, dan itu tidak mengandung partikel padat seperti asap.

Faktanya, hal-hal yang paling berbahaya dalam membakar tembakau sebagian besar tidak ada dalam vaping. Karena tidak ada pembakaran dalam vaping, tidak ada tar atau karbon monoksida - dua bahaya utama merokok lainnya. Vaping menggunakan panas dari koil untuk mengubah e-liquid menjadi aerosol yang dapat dihirup. Itu terlihat seperti asap, tetapi tidak. Yang mengatakan, vaping bukan tanpa risiko potensial untuk kesehatan paru-paru.

Ada beberapa kekhawatiran tentang bahan dalam e-liquid: propilen glikol, gliserin sayuran, dan perasa. Tidak ada penelitian manusia yang serius tentang efek menghirup PG atau VG setiap hari untuk jangka waktu yang lama, meskipun penelitian pada hewan yang luas tentang inhalasi PG belum mengangkat bendera merah. AM telah ditemukan menyebabkan iritasi ringan pada saluran udara, tetapi ini tidak mengkhawatirkan hal itu sendiri.

Apakah rasa buruk untuk paru-paru Anda?

Perasa adalah sumber bahaya yang mungkin belum diteliti dengan baik. Kebanyakan perasa adalah campuran dari banyak senyawa kimia, dan kemungkinan beberapa lebih buruk untuk kesehatan paru-paru daripada yang lain. Sampai saat ini, perasa ini digunakan secara ketat pada produk yang dimakan, bukan dihirup. Jadi studi toksikologi berfokus pada menunjukkan bahwa perasa aman untuk dikonsumsi. Ini adalah area di mana ilmu tentang vaping perlu mengejar ketinggalan.

 

Headline berulang adalah tentang diketon seperti diacetyl yang ditemukan di beberapa e-liquid. Kelompok bahan kimia penyedap ini diyakini bertanggung jawab atas penyakit mematikan yang disebut paru-paru popcorn ketika dihirup dalam jumlah besar (seperti dalam kasus pekerja di fasilitas pembuatan popcorn). Diketones tidak hadir dalam semua e-liquid, tetapi sebuah studi tahun 2014 oleh Dr. Konstantinos Farsalinos menyimpulkan bahwa diacetyl dan acetyl propionyl adalah "risiko yang dapat dihindari." Setelah itu, banyak produsen merumuskan ulang produk mereka dan menghilangkannya. Yang lain mulai menerbitkan pengujian yang menunjukkan tingkat diketon dalam produk mereka.

Diketones juga ada dalam rokok, 100-750 kali lipat dari e-liquid apa pun. Namun, meskipun merokok merusak paru-paru dengan cara lain, itu tidak terkait dengan paru-paru popcorn. Mengingat jumlah diketon yang jauh lebih besar dalam asap rokok, jumlah yang relatif kecil dalam vape tidak akan menjadi ancaman. Itu tidak berarti diketon aman untuk dihirup, tetapi pilihan yang lebih aman antara vaping dan merokok jelas, mengingat jumlah yang ada.

Apakah vaping buruk bagi kesehatan mulut Anda?

Merokok menyebabkan dan berkontribusi terhadap berbagai masalah kesehatan mulut. Tentu saja, sudah diketahui umum bahwa perokok berisiko tinggi terkena kanker mulut, tenggorokan, dan kerongkongan. Tetapi rokok juga dapat menyebabkan penyakit gigi dan periodontal, termasuk gangguan gusi (gusi). Dan asap rokok dapat mengubah bakteri di mulut (microbiome), membuat masalah periodontal yang ada menjadi lebih buruk.

Tidak banyak informasi tersedia tentang efek samping medis dari vaping pada kesehatan mulut. Sebuah tinjauan literatur baru-baru ini dalam Journal of Oral Pathology & Medicine merangkum keadaan sains, mencatat "kekurangan bukti." Namun, para penulis menyimpulkan Vaping tetap menjadi pilihan yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan merokok.

Related articles
Leave a Comment
Leave a Reply
Please login to post a comment.

Menu

QR code

Create a free account to save loved items.

Sign in

Create a free account to use wishlists.

Sign in