MITOS DAN FAKTA SEPUTAR VAPE ?

Posted on3 Years ago 758
Love0

MITOS DAN FAKTA SEPUTAR VAPE ?
Begini penjelasan dr. Arifandi Sanjaya :

dr. Arifandi Sanjaya atau kerap di sapa @badassdoctor adalah seorang vaper yang juga seorang dokter. Salah satu mitos yang paling banyak menjadi perdebatan adalah anggapan bahwa vape sama saja dengan rokok konvensional. Padahal, keduanya memiliki bahan kandungan yang berbeda.
"(Perbedaan) yang paling utama itu ada di TAR dan karbon monoksida. Nah, kalau beda di karbon monoksida dan TAR, sudah pasti akan lebih nyaman dan tidak sesak," ungkap dr. Arifandi di salah satu episode YouTube channel lifetsyleOne.
Selain itu, sementara rokok konvensional mengandung lebih dari 7000 bahan kimia berbahaya, liquid vape sendiri hanya mengandung empat bahan utama, yaitu propylene glycol, vegetable glycerine, nikotin, dan essence. Publik pun masih kerap keliru membedakan antara zat TAR dan nikotin yang terkandung dalam produk rokok.
"Kalau nikotin banyak ditemukan ditumbuh-tumbuhan seperti terong dan tomat, dan kadang kita konsumsi dalam jumlah kecil lewat sayuran maupun tumbuhan. Selain itu, perlu digarisbawahi bahwa nikotin itu tidak menyebabkan kanker," jelas dr. Arifandi
Ia melanjutkan, "Kalau TAR sendiri adalah senyawa kimia yang terbentuk dari pembakaran tembakau, dan memang dari TAR sendiri banyak masalah yang disebabkan, dari masalah jantung, paru-paru, kerusakan sel, bahkan kesuburan."
Pada kesempatan yang sama, dr. Arifandi juga menambahkan bahwa sistem kerja vape adalah melalui pemanasan dan bukan pembakaran seperti rokok konvensional. Ia menjelaskan, derajat pemanasan yang lebih tinggi pada saat proses pembakaran rokok konvensional menyebabkan lebih banyak zat kimia yang terurai.
Selain itu, dengan proses pemanasan dalam vape pula lah yang membuat vape menghasilkan uap dan bukan asap seperti rokok konvensional.

Leave a Comment
Leave a Reply
Please login to post a comment.

Menu

QR code

Create a free account to save loved items.

Sign in

Create a free account to use wishlists.

Sign in