VAPING DI INDONESIA. APAKAH LEGAL ?

Posted on6 Years ago 1985
Love0

Dengan adanya isu yang menyatakan beberapa Negara di Asia Tenggara melarang penggunaan rokok elektrik atau yang sering disebut dengan ‘vape’, beberapa orang bertanya-tanya apakah legal untuk membeli atau menggunakan vape di Indonesia. Apakah ada resiko jika menggunakan vape di jalan? Apakah ada vape shop yang legal?

Terlihat banyak orang-orang yang vaping di jalan atau di tempat umum lainnya. Berdasarkan database yang dimiliki oleh Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia (APVI), setidaknya satu juta warga adalah pengguna rokok elektrik atau disebut juga ‘vaper’. Masyarakat dapat menggunakan vape secara bebas tanpa ada resiko didenda.

Telah diadakan pertemuan antara sesorang staff pemerintah dan perwakilan komunitas rokok elektrik. Pertemuan tersebut disimpulkan bahwa pemerintah akan meninjau penggunaan rokok elektrik di Indonesia.

Vape shop banyak dan mudah ditemukan di seluruh wilayah Indonesia. Meskipun pemerintah Indonesia masih meninjau regulasi untuk rokok elektrik, vaping masih belum dikategorikan sebagai hal yang illegal.

Melihat pesatnya perkembangan vape shop dalam negri, pemeintah Indonesia akan menerapkan pajak pada e-liquid. Perwakilan dari insutri vaping melihat hal ini sebagai cara untuk meregulasikan industry vape dan memfasilitasi import akan perangkat vape dan e-liquid.

Kementerian Perdagangan berharap regulasi ini akan efektif mulai tanggal 1 Juli 2018. Tujuan utamanya adalah untuk memperjelas mekanisme peredaran rokok elektrik di Indonesia, dengan cara memberlakukan pajak layaknya rokok konvensional.

Menurut Wira, Manajer Marketing dari Cstyle Indonesia, tiga toko vape ternama di Bali, mengutarakan: “Hampir 65% pria Indonesia adalah perokok dan vaping dapat menyelamatkan jutaan jiwa jika kami mendapat dukungan dari pemerintah Indonesia. Tujuan kita adalah menyediakan pengalaman berhenti rokok yang sesungguhnya, kepada setiap orang.”

Sebagai turis, anda dapat membawa perangkat vape dan masuk Indonesia tanpa masalah. Namun jika anda mampu membeli produk vape dengan harga yang menarik, ini dapat menjadi kesempatan anda untuk mendapatkan device baru dan banyak e-liquid dengan harga yang sangar menarik.

 

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20171103130045-78-253221/pemerintah-siapkan-aturan-dagang-vape

https://www.suara.com/bisnis/2018/01/27/230000/apvi-minta-pemerintah-tidak-matikan-industri-vape

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3711327/rokok-elektrik-kena-cukai-57-ini-alasan-pemerintah

Related articles
Leave a Comment
Leave a Reply
Please login to post a comment.

Menu

QR code

Create a free account to save loved items.

Sign in

Create a free account to use wishlists.

Sign in